Apa Itu Wirausaha ?

 Wirausaha berasal dari kata wira dan usaha. Wira berarti berani. Usaha berarti kegiatan mengerahkan tenaha, pikiran, atau badan untuk mencapai suatau maksud atau pekerjaan. Jadi, wirausaha berarti kegiatan yang dilakukan secara berani dan mandiri. Pelaku wirausaha disebut dengan wirausahawan atau wirausahawati. Berikut ciri-ciri seorang wirausahawan :

1. Berani mencoba pelung usaha.
2. Berani mengeluarkan modal da mengelola usahanya sendiri.
3. Jujur, tekun, dan bekerja keras dalam menjalankan usahanya.'


 Seorang wirausahawan bekerja atau inisiatif sendiri dan tidak terikat oleh lembaga. Berkembangnya kegiatan wirausaha memengaruhi masyarakat disekitarnya. Berikut pengaruh kegiatan wirausaha bagi masyarakat dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya.

1. Bidang ekonomi.

   Berkembangnya kegiatan wirausaha dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Usaha-usaha tersebut menyerap tenaga kerja dari masyarakat sekitar.

2. Bidang Sosial.

   Kegiatan wirausaha dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya. Contoh, membeli bahan baku dari masyarakat sekitar.

3. Bidang budaya.

   Saat ini banyak wirausahawan yang mengekslorasi kekayaan daerahnya. Kekayaan daerah tersebut, misalnya makanan khas daerah dan kerajinan daerah. kegiatan wirausaha tersebut dapat melestarikan kebudayaan bangsa.

0 Response to "Apa Itu Wirausaha ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel