Peristiwa Pembusukan

 Peristiwa Pembusukan adalah proses perubahan benda yang di sebabkan oleh mikroorganisme. Mikroorganisme penyebab pembusukan adalah bakteri dan jamur. Banteri dan jamur akan tumbuh subur pada kondisi lingkungan lembab dan banyak udara. Pembusukan dapat merugikan atau menguntungkan manusia.


 Pembusukan makanan merupakan contoh pembusukan yang dapat merugikan manusia. Jika makanan memiliki banyak kandungan air diletakkan di udara terbuka pada suhu lembab, jamur cepat berkembang biak. Peristiwa pembusukan akan lebih cepat terjadi. Makanan mengalami perubahan warna dan bau. Selain itu, makanan menjadi berlendir dan lembek. Biasanya kita mengatakan makanan itu busuk. Makanan busuk tidak enak dimakan. Jika makanan busuk tetap di makan, kesehatan tubuh akan terganggu. Pembusukan makanan dapat di hambat melalui beberapa cara, diantaranya sebagai berikut :

1. Pengerungan bahan makanan.
2. Penyimpanan makanan dalam lemari pendingin.
3. Penyimpanan dalam tempat atau kemasan kedap udara.
4. Pemberian bahan pengawet makanan.

 Sebaiknya, Pembusukan juga dapat menguntungkan manusia. Misalnya, pada proses pembusukan sampah. Sampah organik diurai oleh bakteri sehingga menjadi kompos. Kompos merupakan pupuk alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan atau sisa makanan. Kompos dapat menggemburkan dan menyemburkan tanah.

 Kalian dapat mempraktikkan peristiwa pembusukan sampah organik. Dengan melakukan Langkah-langkah kegiatan sebagai berikut :

1. Buatlah lubang sedalam kurang lebih 1 meter di halaman rumahmu. Lubang itu tidak perlu terlalu lebar, musalnya berdiameter 30 cm. Lubang ini disebut lubang biopori, yakni lubang resapan.
2. Masukkan sampah organik seperti daun-daunan atau sisa makanan ke dalam lubang tersebut.
3. Tutuplah lubang menggunakan penutup berlubang-lubang! Tujuannya agar air dan udara tetap mengalir secara bebas.
4. Diamkan selama dua minggu hingga dua bilan! Setelah dua minggu hingga dua bukan, sampah yang membusuk dapat digunakan sebagai kompos.

 Selain untuk membuat kompos, sampah organik yang berada di dalam lubang biopori akan dapat menghidupkan mikroorganisme tanah seperti cacing tanah. Cacing akan membuat terowongan berbentuk horizontal dalam lubang biopori. Terowongan tersebut dapat mempercepat resapan air ke dalam tanah secara horizontal.

0 Response to "Peristiwa Pembusukan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel