Pengaruh Rotasi Bumi terhadap Perbedaan Waktu

 Tahukah kamu bajwa Bumi yang kita tinggali ini tidak diam. Sebenarnya bumi ini bergerak, tetapi kita tidak merasakan perherakannya. Gerakan Bumi tersebut biasa disebut ddengan rotasi Bumi. Lalu apa itu rotasi bumi ? Rotasi Bumi merupakan proses berputarnya Bumi mengelilingi matahari dari arah barat ke timur yang berlawanan dengan arah jarum jam. Waktu yang di perlukan untuk melakukan satu kali rotasi di sebut kala rotasi. Kala rotasi bumi memerlukan waktu sekitar 23 jam 56 menit 4.091 detik atau bisa di bulatkan menjadi 24 jam.


 Sebenarnya Manusia itu tidak dapat merasakan rotasi Bumi, tetapi dapat merasakan akibar dari rotasi Bumi tersebut. Salah satu akibat dari rotasi Bumi adalah terjadinya perbedaan waktu di berbagai tempat di Bumi. Bumi terbagi menjadi 24 daerah waktu. Kota Greenwich di Inggris dilalui garis bujur 0 derajat dan ditetapkan sebagai pusat daerah waktu di dunia. Tiap selisih 15 derajat menyebabkan selisih perbedaan waktu 1 jam. Bagian Bumi sebelah timur Greenwich dapat mengalami waktu yang lebih cepat dari Greenwich, sedangkan bagian bumi  di sebelah barat Greenwich mengalami waktu yang lebih lambat dari Greenwich. Hal ini disebabkan oleh arah rotasi Bumi dari arah barat ke timur, sehingga bagian Bumi sebelah timur akan lebih dulu menghadap Matahari.

 Dengan demikian, orang-orang yang berada di sebelah timur akan mengalami Matahari terbit dan Matahari tenggelam lebih cepat dari pada orang-orang yang berada di sebelah barat. Hal ini dikarenakan arah rotasi Bumi yang bergerak dari arah barat ke timur, sedangkan Matahari terbit di sebelah timur dan tenggelam di sebelah barat.

0 Response to "Pengaruh Rotasi Bumi terhadap Perbedaan Waktu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel