Pengaruh Suhu Terhadap Perubahan Sifat Benda

 Pernahkan kamu mengamati benda-benda ketika dipanaskan atau didingikan? Beberapa benda mengalami perubahan wujud dan ukuran ketika dipanaskan atau didinginkan. Perubahan tersebut terjadi karena adanya perubahan suhu pada benda.



Berikut ini pengaruh suhu terhadap perubahan benda.

1. Pengaruh suhu terhadap perubahan ukuran benda.

    Perubahan ukuran benda karena pengaruh suhu di sebut pemuaian dan penyusutan. Pemuaian adalah bertambahnya panjang, luas, atau volume suatu benda karena suhu tinggi. Penyusutan adalah berkurangnya panjang, luas, atau volume suatu benda karena suhu rendah. Jika benda dipanaskan, benda akan memuai. Jika benda di dinginkan, benda akan menyusut. Contoh pemuaian terjadi pada rel kereta api. Rel kereta api terbuat dari baja. Rel akan memuai jika terkena panas sinar matahari.


2. Pengaruh suhu terhadap perubahan fisik benda.

    Fisik benda dapat berubah jika terkena panas atau dingin. Contoh perubahan fisik benda terjadi pada saat kita menggoreng udang. Sebelum digoreng, udang berwarna gelap / putih. Setelah di goreng, udang berubah warna menjadi jingga.


3. Pengaruh suhu terhadap perunahan wujud benda.

    Contoh Perubahan wujud benda adalah ketika kita meletakkan air dalam lemari pembeku. Saat mencapai titik bekunya, air berubah wujud dari cair menjadi padat.

0 Response to "Pengaruh Suhu Terhadap Perubahan Sifat Benda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel